Jakarta, Dogma.id – Sebagai bagian dari komitmennya dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), PT Jasa Marga (Persero) Tbk sukses menyelenggarakan program Pelatihan dan Pembinaan Digital Marketing bagi Usaha Mikro dan Kecil (UMK) Binaan bertajuk “Menuju UMK Binaan Jasa Marga Naik Kelas”. Acara yang berlangsung selama tiga hari, dari Senin (4/11) hingga Rabu (6/11), bertempat di Subang, Jawa Barat, ini diikuti oleh 30 UMK dari tiga ruas tol, yaitu Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi, Ruas Tol Palikanci, dan Ruas Tol Semarang Seksi A, B, C.
Hadir dalam kegiatan tersebut Corporate Social Responsibility (CSR) Department Head Jasa Marga Andina Rahmasari beserta Tim CSR. Program ini merupakan langkah lanjutan dari pelatihan serupa yang diselenggarakan pada tahun 2023 untuk UMK binaan di wilayah Jabodetabek, dan kini diperluas ke wilayah Jawa Barat.
Di tempat terpisah, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan bahwa pelatihan ini menjadi bukti nyata peran strategis Jasa Marga sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mendukung pengembangan UMK.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
“UMK adalah pilar ekonomi bangsa. Melalui pelatihan ini, sejalan dengan prinsip keberlanjutan perusahaan, Jasa Marga berupaya meningkatkan daya saing UMK binaan agar mampu bersaing di pasar nasional hingga internasional,” kata Lisye.
Selama pelatihan, peserta dibekali berbagai keterampilan digital yang mendukung pengembangan usaha mereka di era digital. Materi pelatihan mencakup pembuatan konten dan foto produk, strategi pemasaran melalui marketplace, affiliate marketing, dan Tiktok live, optimasi penjualan dengan aplikasi, serta pelatihan leadership dan team building untuk memperkuat kerja sama tim. Pelatihan ini memberikan pemahaman baru bagi para pelaku UMK dalam memanfaatkan teknologi digital, untuk mengoptimalkan promosi dan meningkatkan penjualan mereka.
Andina menambahkan, dengan adanya pelatihan ini, Jasa Marga berharap UMK Binaan Jasa Marga dapat memanfaatkan platform digital secara optimal, untuk mendukung pertumbuhan omzet dan membawa usaha mereka ke tingkat yang lebih tinggi.
Jasa Marga berkomitmen untuk terus berkontribusi pada pembangunan bangsa melalui berbagai aspek, tidak hanya dalam pembangunan dan pengelolaan jalan tol, tetapi juga melalui pemberdayaan masyarakat sekitar. Melalui dukungan yang berkelanjutan, Jasa Marga berharap dapat membantu UMK Binaan dalam mencapai kesuksesan, sekaligus berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.
Pelatihan ini adalah salah satu dari sekian banyak program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang telah dijalankan oleh Jasa Marga. Sebelumnya, Jasa Marga telah memfasilitasi sertifikasi halal kepada 17 Mitra Binaan di Kampoeng UMKM Rest Area km 88B Jalan Tol Cipularang, 5 Mitra Binaan di wilayah operasional PT Jasamarga Transjawa Tol dan juga telah menyerahkan sertifikat halal kepada 24 Mitra Binaan di wilayah Jabodetabek. Selain itu, Jasa Marga juga melaksanakan pelatihan Workshop Entrepreneurship, Barista dan Content Creator bagi penyandang disabilitas, program Jasa Marga Medical Keliling (Jamedlink) yang memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat di sekitar proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen dan modernisasi pertanian di Desa Kuwiran wilayah operasional Jalan Tol Jogja-Solo serta berbagai program lainnya seperti BUKBER (BUdaya Kita BERbagi) selama Ramadan 2024, Mudik Gratis Bersama Kementerian BUMN, serta Pasar Sembako Murah, dan Bazar UMKM.